Langsung ke konten utama

Mengenal Manfaat Rempah-Rempah Kapulaga Indonesia

Indonesia dikenal sejak lama sebagai negara penghasil rempah-rempah. Sejak zaman kolonial, rempah-rempah telah menjadi komoditi perdagangan utama pada masa itu. Kabarnya, karena rempah-rempahlah beberapa pelaut eropa melakukan perjalanan ke India dan akhirnya sampai di Maluku.

Rempah-rempah memiliki aroma dan rasa yang kuat dan sering digunakan sebagai pencipta rasa dan pengawet makanan, selain itu juga sebagai obat herbal. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis rempah.

Salah satu contoh yang banyak digunakan adalah kapulaga. Kapulaga mempunyai aroma yang khas sehingga sering digunakan sebagai bumbu dan juga bahan jamu atau obat herbal.

Manfaat rempah kapulaga

Ciri rempah ini adalah biji polongnya yang kecil, penampang irisan segitiga, dengan kulit luarnya yang tipis dan biji hitam yang kecil.

Di Indonesia sendiri, ada dua jenis rempah kapulaga yang sering digunakan yaitu kapulaga Jawa dan kapulaga India. Semuanya tergolong dalam keluarga jahe-jahean.

Kapulaga memiliki kandungan senyawa seperti sineol, borneol, minyak astiri, terpinil asetat dan kersik.

Beberapa manfaat kapulaga antara lain:

1. Menjaga kesehatan ginjal
SUdah banyak penilitian yang menyatakan bahwa kapulaga baik untuk kesehatan ginjal (bersifat diuretik). Bagus juga untuk menjaga kesehatan saluran kemih.

2. Bersifat karsinogen
Beberapa kandungan zat kimia dalam kapulaga dapat membantu mencegah kanker. Kandungan fitokimia pada kapulaga mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

3. Membantu program diet
Kapulaga dapat digunakan untuk mengontrol kadar lemak tubuh. Karena rempah ini memiliki kandungan serat untuk memperlancar proses pencernaan.

4. Sebagai analgesik
Kapulaga mampu menguranginyeri otot, kejang dan sakit. Selain itu juga dapat mengobati gusi yang bengkak.

5. Sebagai aromaterapi
Kapulaga dapat digunakan sebagai bahan aroma terapi. Mampu mengurnagi ketegangan saraf, mengobati depresi sehingga membuat suasana hati menjadi membaik.

Itulah beberapa manfaat kapulaga. Sebenarnya masih banyak manfaat lain dari kapulaga yang belum disebutkan di dalam artikel di atas. Jika berkenan anda bisa menambahkan di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita. Salam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Format Tulisan Di Notepad

Halo teman... Menulis adalah inti dari blogging. Menuliskan atau mengetik sebuah artikel yang menarik agar pembaca betah berlama-lama di blog kita. Tentunya dalam menuliskan artikel kita sering melakukannya secara langsung di blogger. Tetapi ada cara lain yaitu kita bisa mengetikannya dahulu di MS Word ataupun Notepad yang ada di Windows, kemudian dicopy ke blog kita. Jika menggunakan MS Word semua serba otomatis, karena sudah  terformat dengan baik. Kita bisa mengatur paragraf sampai dengan fontnya. Tetapi bagaimana dengan menggunakan notepad. Seperti kita ketahui, notepad adalah program editing teks yang paling standar. Aplikasi ini sudah built-in di Windows. Kegunaan utamanya adalah untuk menulis dokumen pendek yang bisa kita simpan sebagai teks biasa. Bicara mengenai mengetik atau menulis teks di notepad,tentu berbeda dengan MS Word. Seperti yang saya alami saat menulis teks paragraf yang panjang. Biasanya teks akan memanjang ke arah samping. Padahal saat mengetik paragr

Menulis Postingan Pertama Di Blog Pribadi

Akhirnya selesai juga membuat blog pribadi ini. Cukup mudah ternyata membuat sebuah blog di blogger. Tidak sesulit yang dibayangkan. Tapi yang membuat bingung pertama kali setelah membuat blog adalah mau menulis tentang apa sebagai postingan pertama kali di sebuah blog pribadi. Bagi sebagian orang, ngeblog adalah kegiatan yang mengasyikan. Bagaimana tidak, dengan menulis di blog dapat menyalurkan hobi menulis. Baik itu berupa pengalaman pribadi, informasi, opini ataupun tutorial pada bidang tertentu. Tentu hal itu tidak terlepas dari fungsi blog itu sendiri. Karena sejatinya, blog adalah sebuah buku harian online dimana kita bisa menuliskan apapun di dalamnya. Tulisan atau postingan artikel biasanya akan ditampilkan sesuai urutan waktu penulisan. Tulisan terbaru biasanya akan muncul paling atas dan tulisan lama biasanya akan mengendap di bawah. Nah, sesuai dengan tujuan awal saya membuat blog pribadi di blogger adalah untuk berbagi informasi yang mungkin berguna dari ber